Cara Optimasi SEO Onpage Step By Step

Cara optimasi SEO onpage
Cara optimasi SEO Onpage merupakan salah satu teknik untuk mempercepat proses index agar lebih mudah dicari di pencarian google. Hal ini sangatlah perlu untuk diperhatikan, karena teknik ini mampu mengangkat website naik menuju halaman pada hasil pencarian google. Tentunya ada faktor lain yang perlu diketahui.
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on odnoklassniki
Share on tumblr
Share on digg
Share on stumbleupon
Share on mix
Share on whatsapp

Daftar Isi

Cara optimasi SEO Onpage merupakan faktor penentu dari sebuah artikel agar segera terindex dan mudah dicari di pencarian google. Hal ini sangatlah perlu untuk diperhatikan, karena teknik ini mampu mengangkat website naik menuju peringkat utama pada hasil pencarian google.
Sebenarnya, secara prinsip, proses optimasi SEO (Search Engine Optimizer) dibagi dua kelompok besar, yaitu SEO onpage dan SEO Offpage. Kali ini, kata pengantar akan mengupas tuntas tentang optimasi SEO onpage secara lengkap berdasarkan informasi yang dirangkum dari Google support dan beberapa situs terpercaya seperti ahtrfs.com serta pengalaman dari beberapa mastah.

Cara Optimasi SEO Onpage Tahap Demi Tahap

Komponen terpenting dari sebuah artikel website diantaranya :

  1. Judul artikel
  2. Deskripsi artikel yang terdiri atas :
    • Gambar Artikel serta feature image dari artikel
    • Sub judul Artikel
    • Video Artikel
    • Tentunya penjelasan dari artikel tersebut
  3. Kategori artikel
  4. Tag artikel

Keempat komponen ini perlu ditata dengan rapi agar supaya, robot google akan merekomendasikan tulisan kita pada saat ada yang mencarinya. Agar lebih jelasnya akan kita kupas tuntas satu persatu.

Onpage SEO Judul Artikel

Onpage SEO judul artikel
Judul artikel merupakan kunci penentu suksesnya sebuah artikel melenggang di halaman perta di pencarian Google. Hal ini disebabkan, Robot google akan merayapi artikel sebuah website diawali dari judul. Selain itu, judul akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca untuk melakukan klik dan masuk kedalam artikel tersebut. Karenanya, untuk membuat judul ada beberapa strategi tersendiri yang memerlukan pembahasan khusus agar tidak salah menentukan sebuah judul.


BACA JUGA : Penulisan Judul Artikel Yang Benar Untuk Mmikat Pembaca


Pada dasarnya, judul artikel haruslah memuat keyword dan sangat disarankan menggunakan longtail keyword, yaitu keyword yang memiliki susunan kata lebih dari 2 kata. Selain itu sangat disarankan memiliki kandungan Keyword Golden Ratio yang bagus, sehingga memungkinkan tingginya pengunjung ke artikel tersebut.