7 Manfaat Madu Manuka Honey Untuk Kesehatan Alami

7 Manfaat Madu Manuka Honey Untuk Kesehatan Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on tumblr
Share on mix
Share on whatsapp

7 Manfaat Madu Manuka Honey yang dikutip dari healthline.com, menunjukkan bahwa madu Manuka mengandung antibakteri sangat kuat, yang merupakan hasil produksi dari lebah yang menyerbuki bunga Leptospermum scoparium, umumnya dikenal sebagai semak manuka. Pohon Manuka merupakan tanaman semak yang terdapat di Selandia Baru, karena ada yang menyebut madu manuka adalah salah satu jenis madu hutan yang dihasil oleh hutan manuka di New Zealand dengan sifat antibakteri sangat baik, beda dengan madu tradisional umumnya.


Baca Juga : Ciri Madu Hutan Asli Dengan Madu Lainnya


Berikut ini Kata Pengantar 7 manfaat dari Manuka Honey yang perlu kita ketahui.

1. Manfaat Madu Manuka Honey Membantu Penyembuhan Luka

Image source : honestdocs.id

Sejak zaman kuno, madu telah digunakan untuk mengobati luka, luka bakar, luka dan juga bisul (sumber yang dipercaya : 01).
Pada tahun 2007, madu manuka agak disetujui oleh FDA AS sebagai opsi untuk perawatan bengkak (sumber yang dipercaya : 02). Hal ini dikarenakan madu ini menawarkan sifat antibakteri dan antioksidan, sekalian menjaga lingkungan luka yang lembab sebagai pelindung, yang menghambat terjadinya infeksi kuman pada luka.

Beraneka penelitian telah menunjukkan bahwa madu manuka dapat meningkatkan terapi pada luka, memperkuat pemulihan jaringan, dan juga mengurangi rasa sakit pada pasien yang mengalami luka bakar (sumber yang dipercaya : 03, 04).
Salah satu contoh, satu penelitian selama dua minggu melacak efek penggunaan madu manuka pada 40 orang dengan luka yang belum sembuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 88% luka mengecil. Selain itu, juga membantu menciptakan lingkungan luka yang asam, sehingga mempercepat proses penyembuhan luka (sumber yang dipercaya : 05).

Menariknya, madu manuka juga membantu menyembuhkan luka karena diabetes. Sebuah penelitian di Arab Saudi menjelaskan bahwa proses membalut luka dengan madu manuka, yang dikombinasikan dengan perawatan luka secara konvensional, dapat menyembuhkan luka diabetes lebih efektif daripada pengobatan secara konvensional saja (sumber yang dipercaya : 06).Selain itu, sebuah penelitian di lakukan Yunani menunjukkan bahwa proses membalut luka dengan madu manuka, mampu mengurangi waktu penyembuhan luka infeksi pada pengidap luka karena diabetes (sumber yang dipercaya : 07).


Baca Juga : Cara Merawat Luka Diabetes Secara Alami


Terakhir, madu manuka efektif untuk mengobati infeksi bengkak cedera pada otot yang kebal antibiotik, seperti Staphylococcus aureus (MRSA) (sumber yang dipercaya : 08, 09). Karenanya, aplikasi madu manuka secara teratur pada luka dan infeksi bisa membantu mencegah MRSA (sumber yang dipercaya : 10).


Baca juga : Staphylococcus Aureus, Bakteri Kebal Antibiotik, Penyebab MRSA


2. Menjaga Kesehatan Mulut

Image source : klikdokter.com

Menurut CDC (Centers for Disease Control), hampir 50% dari orang Amerika mengalami beberapa bentuk penyakit periodontal (periodontal adalah infeksi gusi yang merusak gigi, jaringan lunak, dan tulang penyangga gigi. Kondisi ini harus segera diobati karena dapat menyebabkan komplikasi serius). Untuk menghindari kerusakan gigi dan menjaga kesehatan gusi, meminimalkan bakteri jahat di mulut yang menyebabkan pembentukan plak. Penting juga diketahui, ada bakteri mulut baik yang bertanggung jawab menjaga kesehatan mulut Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa madu manuka mampu mematikan bakteri mulut berbahaya yang terkait dengan pembentukan plak, gusi bengkak, dan kerusakan gigi. Secara spesifik, penelitian telah dilakukan dengan aktivitas antibakteri yang tinggi efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri mulut yang berbahaya seperti P. gingivalis dan A. actinomycetemcomitans (sumber yang dipercaya : 11, 12).


Baca juga : Menghilangkan Plak Gigi Penyebab Sakit Gigi


Studi peneliti yang menguji efek mengunyah madu, mampu mengurangi plak dan radang gusi. Kunyahan yang terbuat dari madu manuka dan bagaikan dengan permen madu yang kenyal. Setelah makan tiga kali sehari, peserta diinstruksikan untuk mengunyah kunyahan yang terbuat dari madu manuka selama 10 menit. Hasilnya menunjukkan kelompok pengunyah madu manuka menunjukkan penurunan plak yangsignifikan dan perdarahan gingiva, dibandingkan dengan mereka yang mengunyah permen-karet bebas gula (sumber yang dipercaya : 13).

3. Manuka Honey Bermanfaat Meredakan Sakit Kerongkongan

Image source : klikdokter.com

Jika Anda merasakan sakit tenggorokan, madu manuka dapat meredakan sakit kerongkongan. Hal ini dikarenakan sifat antivirus serta antibakterinya dapat mengurangi peradangan dan menyerang bakteri penyebab nyeri kerongkongan. Madu manuka tak hanya menyerang kuman berbahaya, tetapi pula melapisi lapisan di tenggorokan untuk efek menenangkan. Sebuah penelitian baru-baru ini pada orang sakit yang menjalani pengobatan kemoterapi untuk tumor ganas kepala dan leher, dilakukan pengamatan efek madu manuka pada Streptococcus mutans, sejenis bakteri yang menyebabkan sakit kerongkongan. Menariknya, peneliti menunjukkan penurunan Streptococcus mutans yang signifikan setelah mengonsumsi madu manuka (sumber yang dipercaya : 14).

Selain itu, madu manuka mampu mengurangi bakteri mulut yang berbahaya penyebab mucositis, efek samping yang tidak asing lagi dari radiasi serta kemoterapi. Mucositis menyulut peradangan dan sakit ulserasi pada selaput lendir yang melapisi kerongkongan dan saluran pencernaan (sumber yang dipercaya : 15).
Selain itu, Fakta membuktikan, madu sama efektifnya sebagai penekan batuk (sumber yang dipercaya : 16).

4. Madu Manuka Bermanfaat Mencegah Sakit Lambung

Image source : dutasehat.com

Manfaat madu manuka honey berikutnya adalah meredakan sakit maag, salah satu penyakit paling umum yang menyerang manusia (sumber yang dipercaya : 15). Sakit maag adalah luka yang terbentuk di lapisan perut, mengakibatkan sakit perut, mual, dan kembung. Penyebabnya adalah bakteri H. pylori adalah sejenis bakteri umum yang menyebabkan sebagian besar tukak lambung. Penelitian menunjukkan bahwa madu manuka dapat membantu mengobati tukak lambung yang disebabkan oleh H. pylori. Sebuah penelitian tabung reaksi yang meneliti efek pada biopsi tukak lambung yang disebabkan oleh H. pylori. Hasilnya positif dan tersirat bahwa madu manuka adalah agen antibakteri yang berguna melawan H. pylori (sumber yang dipercaya : 16). Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menilai sepenuhnya kemampuannya dalam mengobati tukak lambung yang disebabkan oleh H. pylori.

5. Manfaat Madu Munka Honey Untuk Mencegah Sembelit

Manfaat Madu Manuka HoneyImage source : blogspot.com

Sindrom iritasi usus besar (IBS – Irritable bowel syndrome) adalah gangguan usus besar yang umum. Gejalanya seperti sembelit, diare, sakit perut dan buang air besar tidak teratur.

Menariknya, para peneliti telah menemukan bahwa mengonsumsi madu manuka secara teratur dapat membantu mengurangi gejala-gejala ini. Madu manuka telah terbukti meningkatkan status antioksidan dan mengurangi peradangan pada tikus percobaan dengan IBS dan kolitis ulserativa, sejenis penyakit radang usus (21Trusted Source). Hal ini juga telah terbukti mampu menyerang bakteri strain Clostridium difficile. Clostridium difficile, sering disebut C. diff, adalah jenis infeksi bakteri yang menyebabkan diare parah dan radang usus. C. diff biasanya diobati dengan antibiotik. Namun, penelitian terbaru mengamati keefektifan madu manuka pada strain C. diff. Madu Manuka mampu membunuh sel C. diff, menjadikannya pengobatan yang mungkin efektif (22Trusted Source).

Perlu diketahui bahwa penelitian di atas mengamati pengaruh madu manuka pada infeksi bakteri pada penelitian tabung dan tikus percobaan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk sampai pada kesimpulan lengkap mengenai pengaruhnya terhadap infeksi bakteri pada usus.

6. Madu Manuka Bermanfaat Mengobati Gejala Fibrosis Kistik

Image source : zurich.co.id

Fibrosis kistik adalah kelainan bawaan yang merusak paru-paru dan juga dapat memengaruhi sistem pencernaan dan organ lainnya. Kondisi ini mempengaruhi sel-sel yang menghasilkan lendir, menyebabkan lendir menjadi kental dan lengket secara tidak normal. Lendir yang kental ini menyumbat saluran pernafasan, sehingga sulit bernapas.

Madu manuka telah terbukti dapat melawan bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan bagian atas. Pseudomonas aeruginosa dan Burkholderia spp. adalah dua bakteri umum yang dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas yang serius, terutama pada populasi yang rentan. Satu penelitian mengamati keefektifan madu manuka terhadap bakteri ini pada penderita fibrosis kistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa madu manuka menghambat pertumbuhan bakteri dan bekerja bersama dengan pengobatan antibiotik lainnya (23Trusted Source).

Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa madu manuka dapat berperan penting dalam mengobati infeksi saluran pernapasan atas, terutama pada penderita cystic fibrosis.

7. Mengobati Jerawat

Manfaat Madu Manuka HoneyImage source : rukita.co

Jerawat biasanya disebabkan oleh perubahan hormonal, tetapi juga bisa merupakan reaksi dari pola makan yang buruk, stres, atau pertumbuhan bakteri di pori-pori yang tersumbat.

Madu manuka dapat membantu menjaga kulit Anda bebas dari bakteri, yang dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat. Selain itu, mengingat sifat anti-peradangannya, madu manuka dikatakan dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan jerawat. Ditemukan bahwa madu kanuka sama efektifnya dengan sabun antibakteri dalam mengatasi jerawat(24Trusted Source). Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyatakan madu manuka sebagai obat rumahan yang bermanfaat untuk jerawat.

Referensi Manfaat Madu Manuka Honey

Berikut ini adalah referensi terpercaya yang mendukung manfaat dari Manuka Honey

  1. Therapeutic Manuka Honey: No Longer So Alternative
  2. U.S. FOOD & DRUG
  3. Health Benefits of Manuka Honey as an Essential Constituent for Tissue Regeneration
  4. Evidence for Clinical Use of Honey in Wound Healing as an Anti-bacterial, Anti-inflammatory Anti-oxidant and Anti-viral Agent: A Review
  5. Clinical and bacteriological outcome of wounds treated with honey. An analysis of a series of 40 cases
  6. Honey: a potential therapeutic agent for managing diabetic wounds
  7. Manuka honey-impregnated dressings in the treatment of neuropathic diabetic foot ulcers
  8. Proteomic and genomic analysis of methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) exposed to manuka honey in vitro demonstrated down-regulation of virulence markers
  9. In-vitro susceptibility of methicillin-resistant Stayphylococcus aureus to honey
  10. Manuka honey inhibits cell division in methicillin-resistant Staphylococcus aureus
  11. Antibacterial potential of Manuka honey against three oral bacteria in vitro
  12. Honey – a potential agent against Porphyromonas gingivalis: an in vitro study
  13. Streptococcus mutans in saliva of normal subjects and neck and head irradiated cancer subjects after consumption of honey
  14. The effects of manuka honey on plaque and gingivitis: a pilot study
  15. A double-blind, placebo-controlled, randomised trial of active manuka honey and standard oral care for radiation-induced oral mucositis
  16. A comparison of the effect of honey, dextromethorphan, and diphenhydramine on nightly cough and sleep quality in children and their parents

More to explorer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *